CISCO TRUNK SESAMA VLAN - Informasi Teknik Komputer Dan Jaringan

Breaking

 Informasi Teknik Komputer Dan Jaringan

Selamat Datang Di Blog Seputar Informasi Teknik Komputer Dan Jaringan

Rabu, 31 Juli 2019

CISCO TRUNK SESAMA VLAN

  


*Pengertian VLAN :
   
 VLAN ( virtual LAN) adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan.


                                                              
 *Pendahuluan :
     
 Pada topologi di atas saya memiliki 2 network, oleh karena itu saya butuh VLAN untuk memisahkannya. 

 *Tujuan :

1. Mengetahui apa itu VLAN dan Trunk.
2. Mengetahui bagaimana cara konfigurasi VLAN dan Trunk.
3. Mengetahui bagaimana cara mengelompokan jaringan dengan VLAN.

Konsep Dasar

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan yang sama. Agar komputer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap komputer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port. Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logik dihubungkan satu sama lain, dengan VLAN kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team.
Trunk dan VLAN adalah konfigurasi yang saling berhubungan, Trunk adalah penghubung baik antara switch dengan switch atau switch dengan router. Trunk ini dapat dikatakan satu kabel/link yang dapat membawa banyak VLAN, dengan trunk kita dapat menghemat penggunaan kabel/link. Coba bayangkan apabila dalam jaringan kamu terdapat 10 – 20 VLAN, apa kamu akan memasanag kabel/link sebanyak VLAN itu? Itu akan menguras biaya.

 *Alat :

CISCO PACKET TRACER.
1. 2 Buah Switch 2950-24
2. 4 Buah PC.
3. 5 Buah LAPTOP.
4. 8 Kabel Automatically Chose Connection Type.
5. 1 Kabel Cross, Dan 
6. 1 Kabel Console.


1. Klik pc0 setelah itu anda ke menu desktop dan anda pilih serta klik ip configuration 





2. nah setelah itu di bagian sini saya akan memberi ip sesuai dengan yg di berikan di pc0




3.kemduian langkah berikutnya kita mulai konfigurasi pada laptop 4 pada  switch 0(1) yg di hubungkan dengan kabel console




4. Kemdian kita mulai saja mengkonfigurasi ( memberi kata perintah ) Seperti Gambar di bawah. dan untuk mengecek vlan 10 dan 20 active atau tidak nya kita bisa memberi kata perintah "do sh vlan". Dan untuk mengubah nama vlan 10 dan 20 menjadi UTB dan UTC anda bisa liat kata perintah gambar dibawah. Untuk kata perintah enable untuk melakukan ke kata previlage. dan kata perintah conf t untuk melakukan ke kata(Global).




5.selanjutnya seteleh kita konfigurasi (memberi kata perintah) dan mengecek vlan 10 dan 20 nya aktif,maka kita lakukan ping pada vlan 10 




6.setelah itu kemudian kita coba mengeping dengan mengirim paket .kemudia bisa semua pada pc&laptop vlan 10 dan vlan 20 




7.berikut nya kita konfigurasi lagi di switch1 ,klik ip configuration untuk menambahkan ip 




8.setelah itu tuliskan ip tersebut sesuai dengan ip yg di berikan 




9.selanjutnya kita konfigurasi switch1 dengan cara di gambar bawah ini.




10. selanjutnya masukan kata perintah pada switch1 seperti gambar bawah ini, dan seperti biasa untuk mengetahui vlan10 dan vlan20 pada switch1 active atau tidak,anda tinggal tulis "do sh vlan" kemudian nanti mucul seperti gambar di bawah ini.




11.dan supaaya vlan 10 dan vlan 20 terhubung begitu juga kita melalukan TRUNK.dengan ketik perintah intfa0/24 dan sw mode trunk di switch0 (1)




12.setelah sudah kemudia kita ngeping dengan cara memakai paket ,kemudia ji kalau bener maka akan ada bacaan seperti bawah ini.





Kesimpulan

Dapat disimpulkan, VLAN berfungsi sebagai pengelompokan jaringan, seperti yang sudah saya lakukan di atas, dimana PC VLAN 10 dengan PC VLAN 20 tidak dapat terhubung walaupun IP yang digunakan masih dalam satu jaringan. Penggunaan VLAN ini juga dapat dikatakan untuk menjaga informasi yang tidak seharusnya dilihat oleh kelompok yang lain, sehingga informasi itu akan tetap aman. VLAN juga digunakan sebagai solusi dari lambatnya penyampaian pesan dikarenakan semakin banyaknya jaringan yang tersambung, dengan VLAN ini penyampaian pesan akan lebih baik. Kemudian untuk Trunk. Trunk adalah penghubung baik antara switch dengan switch atau switch dengan router. Trunk ini dapat dikatakan satu kabel/link yang dapat membawa banyak VLAN, dengan trunk kita dapat menghemat penggunaan kabel/link.